Anggota Dewan Minta BPOM Membuat Pengawasan Barang yang Masuk Pasar

Keberhasilan pemerintah bisa dilihat dari semakin bagus atau tidaknya pasar tradisional.
, Majalah Kartini | 15/06/2017 - 13:07

pasar-tradisional

MajalahKartini.co.id – Anggota Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk membuat pengawasan secara reguler untuk melindungi konsumen dan pedagang di pasar tradisional. Pasalnya, Nihayatul resah dengan banyaknya berita ditemukannya zat-zat berbahaya di pasar tradisional.

“Konsumen di pasar tradisional perlu dilindungi supaya merasa aman membeli makanan dan obat di pasar tradisional. Begitupun dengan pedagang harus dilindungi agar semakin banyak orang yang berbelanja di pasar tradisional,” tutur dia, di Jakarta, Kamis (15/6).

Karenanya, kata dia, BPOM penting memastikan barang-barang yang akan masuk ke pasar. Selain itu juga, fokus dengan melindungi pasar tradisional itu sejatinya merupakan keberpihakan pada rakyat kecil. “Di ruang inilah tempat orang-orang dengan modal seadanya dapat berdagang,” kata anggota PKB itu.

Bahkan, tutur perempuan kelahiran Banyuwangi, 15 Desember 1979 itu, keberhasilan pemerintah bisa dilihat dari semakin bagus atau tidaknya pasar tradisional. Salah satunya, jika pemerintah dapat menjamin hanya barang-barang yang aman untuk kesehatan yang dapat masuk pasar.

“Maka perekonomian Karenanya, keberpihakan pada sektor ril ini tak bisa ditawar lagi. Pengawasan untuk melindungi konsumen dan pedagang tersebut sangat penting, terlebih menjelang lebaran seperti ini,” tutur perempuan yang biasa disapa Ninik itu. (bisniscom)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: