Akibat Kabut Asap, Jarak Pandang di Riau Hanya 100 Meter

Kabut tebal berwarna putih terjadi sejak dini hari, jarak pandang hanya 100 meter.
, Majalah Kartini | 30/08/2016 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan jarak pandang di Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau hanya 100 meter.  “Di Rengat terjadi kabut tebal, tetapi bukan kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan sejumlah daerah di Riau,” kata Slamet Riyadi, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, di Pekanbaru, Selasa (30/8).

Keberadaan asap sama dengan awan yang berada di permukaan, lalu menggumpal seperti kabut asap yang biasa menutupi sebagian wilayah dan mengakibatkan jarak pandang terbatas. “Akibat sinar matahari, kabut akan hilang dengan sendirinya. Pemanasan yang disebabkan pancaran sinar matahari akan menyebabkan terjadi penguapan uap air, sehingga makin siang keadaan semakin terang dan membaik,” katanya.

Slamet menambahkan untuk jarak pada daerah lain seperti wilayah Pekanbaru berkisar tiga kilometer, Pelalawan lima km dan Dumai kemarin ditutupi kabut asap. “Untuk titik panas pagi ini di Sumatera dinyatakan, nihil. Begitu juga dengan wilayah di Riau, karena satelit alami blank area tidak dapat memantau,” jelasnya. (ANT/Foto: ANT FOTO/Rony Muharrman)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: