3 Vaksin Baru untuk Anak di Tahun 2017

Tiga vaksin itu adalah measles rubella, pneumococcus, human papiloma virus.
, Majalah Kartini | 27/01/2017 - 13:01

3 Vaksin Baru untuk Anak di Tahun 2017

MajalahKartini.co.id – Kementerian Kesehatan Republik Indonesi tahun ini akan memproduksi tiga jenis vaksin baru untuk menambah kekebalan tubuh. Tiga vaksin itu adalah measles rubella, pneumococcus, human papiloma virus. “Sampai tahun 2025, kita akan bertambah tiga imunisasi lagi,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan M. Subuh, Rabu (25/1).

Menurut Subuh, program ini akan memakan waktu sepanjang dua hingga tiga tahun agar bisa menjadi program nasional yang menyeluruh. Untuk imunisasi MR Measles Rubella, antivirus ini merupakan pengganti vaksin campak yang diberikan pada balita. Measles akan mulai diberikan berkala pada januari 2017 di seluruh Jawa.

3 Vaksin Baru untuk Anak di Tahun 2017

Sementara untuk pneumococcus, berfungsi untuk melindungi dari infeksi saluran pernapasan akut. Vaksin ini diberikan pada bayi dibawah satu tahun. Pneumococcus akan diberikan pada pertengahan 2017 di Nusa Tenggara Barat sebagai daerah prioritas.

Untuk vaksin human papiloma virus yang bermanfaat untuk mencegah kanker serviks, diberikan kepada anak mulai usia 9 hingga 16 tahun. Pemberian vaksin ini paling efektif pada anak 5-6 SD karena belum melakukan hubungan seks. “Jadi total imunisasi dasar lengkap nantinya ada 14 vaksin,” ujar Subuh. Jumlah ini menyamai total vaksin dasar untuk negara dan eropa. Pemerintah memasukkan anggaran tiga vaksin itu senilai Rp 1 triliun. Mekanismenya menggunakan APBN dan dari lembaga-lembaga donor. (ANT/Foto: Shutterstock))

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: