Pentingnya Edukasi Kesehatan Reproduksi bagi Remaja

Modul modernisasi dalam mengedukasi anak remaja harus disesuaikan perkembangan zaman.
, Majalah Kartini | 24/01/2017 - 09:57

 

Pentingnya Edukasi Kesehatan Reproduksi bagi Remaja

MajalahKartini.co.id – Psikolog Remaja Elizabeth Santosa mengatakan di era digital ini dalam memberikan edukasi seksual reproduksi pada anak usia remaja modulnya harus disesuaikan dengan modernisasi, agar lebih masuk ke pikiran generasi mudah. “Dengan menggunakan ‘ubah hidup lo’ bukan dengan ‘mari teman-teman kita ubah’ itu sangat susah masuk ke dalam generasi muda zaman sekarang. ‘Lo’ itu memang bukan bahasa Indonesian yang bagus tapi kata ‘Lo’ diterima oleh generasi muda. Harus disesuaikan gaya komunikasinya dengan gaya komunikasi anak muda zaman sekarang,” papar Lizzi dalam sesi talkshow 20 Tahun dkt Indonesia di Jakarta, Kamis (19/1).

Lizzi yang juga bertugas di Komnas Anak memberikan tips dan trik kepada orang tua yang kesulitan memberikan edukasi kepada anak-anak. Sebagai orangtua atau siapapun yang berkepentingan harus tahu dulu kuncinya, harus up to date. Karena, kata dia, pengetahuan itu berubah terus dan kita pun harus berubah.

“Ketika kita sudah punya anak maka kita yang paling tahu, oh no!, banyak hal baru yang perlu kita ubah, sains berubah terus, pendidikan berubah terus, kita harus banyak lihat BKKBN punya modul yang baik sekali bagi remaja dan DKT juga memilik program yang baik, this is good !. jadi orang tua harus update diri terus,” terangnya.

Dan, walaupun orangtuanya pakar tapi anak-anak juga punya keunikan masing-masing, hanya orangtua yang paling tahu bagaimana cara mendidik anaknya. “Jangan takut duluan, jangan keringat dingin duluan ketika anak bertanya apa itu seks,” kuncinya. (Foto: Kompasiana)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: