Pentingnya Aktivitas Fisik bagi Anak Usia Sekolah

Anak-anak mengalami perkembangan motorik kompleks dan koordinasi otot yang pesat, serta perkembangan kognitif.
, Majalah Kartini | 07/02/2018 - 17:01


MajalahKartini.co.id – Di usia sekolah dasar (6-12 tahun), anak-anak mengalami perkembangan motorik kompleks dan koordinasi otot yang pesat, serta perkembangan kognitif, misalnya mereka mulai bisa berpikir logis dan kritis. Oleh karena itu, mereka bukan hanya perlu mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang dan lengkap serta cukup istirahat, namun juga perlu berolahraga teratur dan aktif beraktivitas fisik.

“Perkembangan gadget dan teknologi digital saat ini biasanya membuat anak-anak semakin pasif beraktivitas fisik, sehingga di sinilah perlu peranan penting orang tua dan lingkungannya untuk mulai membangun gaya hidup aktif dan sehat anak sejak usia dini,” kata dr Cindiawaty J. Pudjiadi MARS, MS, SpGK, Spesialis Gizi Klinik di Jakarta, Rabu (7/2).

Cindy Charlota, atau lebih dikenal dengan @lifeatarcilland dan pendiri Mamapedia Indonesia, berbagi pengalamannya. Sebagai seorang ibu dengan dua anak usia pertumbuhan, ia sangat memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam berbagai sisi, termasuk perkembangan fisik sesuai usia. “Selain memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang, salah satu tantangan terbesar saat ini adalah dengan mengajak anak-anak untuk aktif beraktivitas fisik khususnya di era digital ini,” ujar Cindy.

Cindy Charlota mengaku tantangan yang dihadapi, sering sekali ia dapatkan anak-anak jadi jarang keluar rumah, karena kondisi lingkungan sekitar yang kurang memadai dari segi keamanan sampai kurangnya ruang terbuka di tempat umum. Dengan demikian, anak-anak zaman sekarang sejak kecil kurang beraktifitas seperti kita dulu yang bisa main lari-larian, main layangan, lompat tali atau bermain benteng. Tantangan terbesar lainnya adalah perkembangan teknologi yang membuat anak digital savvy tapi kurang diseimbangkan dengan aktifitas fisik atau permainan lainnya.

“Oleh karena itu, orang tua harus semakin kreatif untuk menggabungkan keduanya, sehingga anak-anak kita bisa bertumbuh secara optimal, salah satunya dengan aplikasi permainan digital HiLo School Draw & Play 2, yang inovatif karena bisa menggabungkan baik permainan teknologi digital dengan aktivitas fisik,” tandasnya.(Foto : Andim)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: