Menilik Hidangan Khas Hari Raya Lebaran dari Berbagai Negara

Lebaran di tiap negara selalu punya tradisi tersendiri, termasuk soal makanan. Yuk, kita intip hidangan khas lebaran dari beberapa negara!
, Majalah Kartini | 15/06/2018 - 09:00

MajalahKartini.co.id – Negara dengan penduduk mayoritas muslim pasti memiliki tradisi khusus saat lebaran. Entah itu soal pulang kampung, bersilaturahmi dengan tetangga dan keluarga, maupun makan bersama setelah Shalat Ied. KARTINI mencoba merangkum hidangan khas Lebaran dari beberapa negara. Siapa tahu Anda tertarik untuk mencobanya.

  1. Maroko

Seusai menjalankan ibadah Shalat Ied, keluarga Maroko biasanya langsung pulang ke rumah dan sarapan bersama. Bagi yang tak ingin langsung makan berat, mereka akan memilih menyantap Malwi, roti yang menyerupai roti cane yang biasa dinikmati dengan madu dan teh khas Maroko, Atai.. Selain Malwi, maincourse yang sering dihidangkan saat Lebaran di Maroko adalah Djaj Mhamar, yaitu ayam panggang lengkap dengan nasi yang disajikan di atas piring besar dan dimakan bersama-sama.

Malwi

 

Djaj Mhamar

  1. Malaysia

Jika di Indonesia, bubur seringkali dihidangkan secara missal di masjid-masjid untuk berbuka puasa, di Malaysia bubur justru dihidangkan saat hari raya. Bubur lambuk, hidangan bercitarasa gurih ini terbuat dari beras putih yang dimasak dengan daging, udang, dan rempah-rempah seperti cengkeh, kayumanis, dan jintan putih. Untuk kudapan, warga Malaysia kerap membuat Lemang yang terbuat dari beras ketan, santan, daun pandan, dan vanili.

Bubur Lambuk

 

Lemang

  1. Yordania

Makanan khas Lebaran di Yordania juga tidak jauh dari olahan daging. Biasanya, para ibu akan memasak Mansaf untuk seluruh anggota keluarga. Mansaf adalah hidangan lengkap yang terdiri dari roti pita, nasi basmati, daging ayam/kambing yang direbus, juga saus kental yang tebuat dari yoghurt. Selain Manshaf, membuat Qatayef saat Lebaran juga sudah menjadi tradisi di Yordania. Qatayef merupakan pancake lembut berisi custard yang ditaburi kacang pistachio dan madu. Kayu manis juga biasa digunakan untuk menambah karum dan legit Qatayef buatan rumah.

Mansaf

 

Qatayef

  1. India

Hidangan lebaran di India cukup unik. Muslim di India punya tradisi menghadirkan mie yang dimasak dengan susu segar, gula, dan kayu manis yang disebut Samia. Selain Samia, Dahi Vada juga menjadi pilihan menu Lebaran di sana. Terbuat dari donat tepung yang disiram saus yoghurt pedas, Dahi Vada sangat menggugah selera untuk disantap sambil bercengkrama dengan keluarga. (*)

Samia

 

Dahi Vada

Tags: , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: