Mencegah Penuaan Dini dengan Sunscreen

Menurut penelitian, sembilan puluh persen penuaan kulit disebabkan oleh paparan sinar matahari.
, Majalah Kartini | 11/03/2018 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Paparan sinar matahari tentu sulit untuk kita hindari, oleh karena itu penting penggunaan sunscreen sebelum Anda beraktivitas di luar sehari-hari. Sebelum mengenal sunscreen lebih dalam, mari ketahui terlebih dahulu seputar UV A dan UV B. Apakah itu?

UV A (aging) memiliki gelombang yang lebih panjang dan akan berdampak pada lapisan kulit dermis. Hal ini akan mempercepat penuaan kulit serta menyebabkan munculnya keriput karena UV A merusak kolagen di kulit. Di sisi lain, UV B (burning) memiliki gelombang yang lebih pendek tetapi energinya relatif tinggi sehingga bisa membakar dan merusak lapisan kulit ari kulit dan jika terlalu sering terpapar UV B bisa menyebabkan kanker kulit. Tak hanya itu, UV B juga bisa merusak melanin pada kulit yang menyebabkan kulit menggelap. Dengan terpaparnya kulit oleh sinar matahari yang terlalu sering, kolagen dan elastin pada kulit bisa rusak, sehingga kulit akan menjadi keriput atau yang biasa disebut dengan penuaan dini.

Di sini lah peran dari sunscreen yaitu untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dan radikal bebas. Di samping itu, sunscreen tentu akan membuat kulit tetap awet muda dengan memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan kulit seperti keriput, flek hitam, dan garis halus. Sunscreen juga menurunkan risiko terjadinya kanker kulit. Maka dari itu, mulai dari sekarang, Anda harus selalu ingat untuk menggunakan sunscreen, terutama bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan agar kulit tetap sehat dan indah.

Tags: , , , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: