Melepas Kangen Masakan Rumah di Bistik Delaris

Di tengah popularitas aneka menu fusion internasional yang tengah digemari, namun bistik rumahan tetap memiliki tempat tersendiri. Kini, Bistik Delaris dapat menjadi penawar untuk mengulang kembali memori menikmati bistik a la keluarga.
, Majalah Kartini | 21/04/2018 - 21:00

MajalahKartini.co.id – Bertempat di Jalan Pangeran Antasari No. 44, Jakarta Selatan, Bistik Delaris kembali hadir dengan konsep terbaru dari Resto Delaris yang telah lebih dulu beroperasi. Dua pemiliknya, Dippy dan Dirra, menyambut awak media serta para tamu yang hadir ke acara launching Bistik Delaris sore itu (21/4).

Saat pertama kali menyambangi Bistik Delaris, Kartini disambut oleh panitia yang kemudian mengantar untuk berkeliling lokasi. Ketika masuk ke dalam, Anda akan terkejut dengan suasana yang dibangun sedemikian rupa hingga terasa sangat nyaman dan cozy. Setelah memasuki area restoran di bagian atas (sejajar dengan jalan), Anda dapat turun ke bawah dan menikmati keasrian taman yang dipenuhi pohon rindang serta kolam.

Suasana taman restoran saat senja.

Acara diawali dengan press conference pada para awak media. Kemudian setiap pengunjung bisa berkeliling mendengarkan penjelasan lokasi dari panitia sambil menikmati kudapan sore yang disediakan, risoles serta pastel goreng. “Bistik Delaris sebetulnya adalah rebranding dari Resto Delaris yang sebelumnya. Kami menghadirkan menu-menu yang merupakan resep warisan keluarga. Konsep restoran ini sendiri adalah taman tumbuh, tempat kami tumbuh dan berkembang bersama-sama,” jelas Indri, salah satu panitia acara.

Konsep taman tumbuh bukan sekedar nama. Di dalam lingkup restoran Bistik Delaris sendiri terdapat pre-school dan laboratorium. Pre-school yang didirikan oleh Dirra (pemilik) ini mengedepankan metode Montessori yang mendorong inisiatif dan kreativitas siswa. Di sampingnya, ada laboratorium IT tempat berkumpul komunitas Make.do.nia yang kerap memberikan pelatihan gratis mengenai teknologi dan robotik kepada anak-anak.

Konsep di atas memang sangat jarang ditemukan. Maka dari itu, Kartini bertanya lebih lanjut pada sang owner mengapa sampai tercetus ide menggabungkan sekolah dengan restoran. Dippy menjelaskan, “Kebetulan dulu aku pernah ngajar. Kemudian, saat adikku punya anak, dia merasa ada yang kurang pas dengan sistem pendidikan di Indonesia. Sehingga aku bikin kursus sekolah gambar, dan adikku bikin (pre-school) Montessori ini.”

Sesuai dengan namanya, menu andalan di resto ini adalah bistik. Bistik dengan kuah bening kecokelatan, lengkap dengan kentang goreng dan sayuran yang sudah direbus menjadi trademark Delaris setelah sekian lama. Hingga kini, menu tersebut menjadi favorit para pelanggan loyal. “Dulu, di Delaris Resto ada menu Chinese, Japanese, Western, dan juga menu rumahan seperti bistik. Sesuai harapan kita, lama-lama customer fokus ke bistik. Akhirnya kita rebranding jadi Bistik Delaris. Bistik Delaris adalah resep warisan keluarga. Kebetulan Eyang Buyut ada akulturasi Belanda, kita ingin mewariskan masakan khas beliau,” terang Dippy.

Menu andalan, Nasi Bistik Komplit.

Dippy juga menambahkan bahwa ke depannya, Bistik Delaris juga punya program-program untuk meningkatkan awareness customers terhadap menu mereka, terutama untuk kalangan anak muda. Menurutnya, banyak anak muda yang sudah tidak tahu bistik. “Kami berencana membuat program-program yang ‘masuk’ ke kalangan anak muda. Makanya kita ingin ada live music juga,” ujarnya.

Interior salah satu ruangan.

Interior ruangan dan eksterior taman yang homey dan asri menciptakan suasana nyaman yang mampu mengundang siapapun untuk kembali. Jika Anda berminat menyelenggarakan pesta, tersedia dua ruangan dan taman yang dapat digunakan. “Untuk ruangan, kami sewakan sekitar 1,5 juta per empat jam di luar hidangan,” jelas Dippy.

Ruangan yang dapat disewa untuk berbagai macam acara.

Acara hari itu pun ditutup dengan pemutaran film sejarah Delaris Resto hingga menjadi Bistik Delaris seperti sekarang, serta acara makan malam. Kartini berkesempatan mencicip  Nasi Goreng Bistik yang juga tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke sana.

Nasi Goreng Bistik.

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: