Mangut Ayam Daun Pepaya Karya Enni Faizah

Daging ayam yabg dimasak bersama daun pepaya dan aneka rempah-rempah pilihan.
, Majalah Kartini | 13/08/2017 - 16:42

so goodMajalahKartini.co.id – Usai pengumuman Lomba Kreasi Masak – Saat Ramadhan, Saatnya So Good Chef Ari Galih mendemokan Mangut Ayam Daun Pepaya kreasi Enni Faizah dari Yogyakarta. Enni menjadi pemenang I dalam kategori kreasi masak menggunakan So Good Ayam Potong. Chef Ari juga mendemokan Bakso Penyet So Good Laksa Spesial oleh Chika Afandi dari Medan pemenang I kreasi masak menggunakan So Good Siap Masak.

Ari Galih sebagai juri dalam membantu proses pemilihan pemenang ini mengatakan ada dasar penilaian yang ia berikan kepada para peserta ini semua sama, yaitu: 1). Aspek dalam memberikan keunikan dan kreatifitas yang tajam, 2). Dapat memberikan/menghadirkan ke-otentik-an (orisinalitas) resep, 3). Bisa menampilkan keseimbangan dalam pemilihan bahan dengan produk yang digunakan, 4). Kreasi masak yang ditampilkan adalah masakan yang memiliki unsur kesegaran & kepraktisan dalam proses pembuatan masakannya, 5). Dan yang terakhir adalah kreasi masakan ini sangat praktis dan dapat dipraktekan oleh ibu-ibu yang lain dengan mudah.

“Overall menurut saya kreasi masak dari semua peserta sangatlah bagus, karena semua ibu-ibu Indonesia paham akan masakan yang bergizi dan berprotein seimbang, jadi kebanyakan kreasi masak yang masuk tidak hanya menggunakan 1-2 bahan saja melainkan ada beberapa bahan pendukung yang sifatnya menyeimbangkan,” kata Ari Galiha.

Berikut, Chef Ari Galih berbagai resep Mangut Ayam Daun Pepaya Karya Enni Faizah. Yuk disimak.

Bahan-Bahan:
500 gr Daging Ayam
5 lembar Daun papaya rebus

Bumbu:
3 siung bawang putih
6 butir bawang merah
3 butir kemiri
8 buah cabe merah keriting
3 cm kunyit
10 buah cabe rawit merah
1 batang serai
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
secukupnya garam
sepotong gula merah
1 sdm air jeruk nipis
300 ml santan encer
150 ml santan kental
Secukupnya minyak goreng

Cara Membuat:
1. Haluskan satu siung bawang putih. Baluri daging ayam dengan campuran bawang putih halus, garam dan air jeruk nipis, remas-remas sebentar lalu diamkan selama 30 menit. Panaskan secukupnya minyak goreng, goreng daging ayam hingga kecoklatan dan agak kering. Sisihkan.

2. Bagi tiap lembar daun pepaya rebus menjadi 2 bagian.Gulung tiap bagian lalu tali dengan benang / serat pelepah pisang. Sisihkan.

3. Halusan sisa bawang putih, bawang merah, kemiri, cabe merah keriting dan kunyit.

4. Panaskan 2 sdm minyak goreng,tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun jeruk, daun salam, lengkuas dan serai. Aduk-aduk hingga aroma bumbunya keluar.

5.Masukkan daun pepaya gulung, garam dan gula merah lalu aduk-aduk. Tuangi dengan santan encer, didihkan. Kecilkan api, tutup wajan dan masak hingga bumbu meresap ke dalam daun pepaya.

6. Masukkan daging ayam goreng, aduk-aduk hingga rata. tambahkan santan kental dan cabe rawit merah. Masak hingga mendidih dan cabe agak layu. koreksi rasa, matikan api.

7. Siap disajikan bersama dengan nasi hangat. (Foto : Istimewa)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: