‘Konvoi Perpisahan’ Keliling Jakarta Para Pengemudi Uber Indonesia

Minggu (8/4/2018) aplikasi Uber resmi dinonaktifkan karena sudah diakuisisi oleh Grab, para pengemudi melakukan perpisahan. Para pengemudi berkeliling Jakarta dengan atribut lengkap berwarna hitam orange.
, Majalah Kartini | 08/04/2018 - 21:00

Majalah Kartini.co.id – Setelah sekian lama Uber  menjadi salah satu moda transportasi di Asia Tenggara, sekarang saatnya perpisahan. Uber sudah diakuisisi Grab pada 26 Maret 2018 lalu. Selain Indonesia, Grab mengambil alih operasional dan aset-aset Uber di Kamboja, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Minggu (8/4/2018), menjadi hari terakhir aplikasi Uber aktif untuk para masyarakat Indonesia, dan negara-negara di Asia Tenggara lainnya terkhusus Singapura Uber masih akan diperpanjang hingga 15 April terkait permintaan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Singapura.

Tidak dipungkiri sebelum aplikasi Uber resmi ditutup dengan jumlah yang cukup besar dari mitra pengemudi tersebut memilih pindah menjadi mitra pengemudi di Grab dan beberapa diantaranya dalam jumlah yang lebih sedikit memilih bergabung menjadi mitra pengemudi pesaingnya, Go-Jek. Penonaktifan Uber memberikan efek kepada perusahaan transportasi online sejenisnya yaitu Go-Jek yang mendapat undangan untuk turut bersaing di Filipina.

Sabtu (7/8/2018) hari sebelum para pengemudi berhenti beroperasional di aspal Indonesia. Para pengemudi Uber melakukan perpisahan dengan mengadakan konvoi keliling Jakarta. Konvoi terakhir tersebut dimulai dari kawasan Bunderan Hotel Indonesia.

http://google/cnbc

‘Konvoi Perpisahan’ direspon dengan beberapa komentar dari para pelanggan Uber, para pelanggan tersebut memberikan komentar semangat dan harapan baru untuk para mantan pengemudi aplikasi Uber. Para pengemudi tetap menggunakan atribut lengkap yaitu jaket dan helm hitam oranye berlogo Uber sebelum mereka mengganti atribut tersebut.

Kini tersisa 2 pelayanan transportasi online untuk masyarakat Indonesia. Grab dan Go-Jek masih akan bertarung dalam dunia bisnis demi memberikan pelayanan di bidang transportasi online untuk para masyarakat Indonesia.

Fakta lain dengan adanya akuisisi tersebut, Uber memiliki 27,5% saham Grab dan CEO Uber, Dara Khosrowshahi menjadi salah satu petinggi yang menduduki kursi dewan direksi di Grab.(*)

 

 

Teks: Adeline Hermina Felicia

Foto: Dok. Berbagai Sumber

Tags: , , , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: