Konferensi Womenwill Google Hadir di Bandung

Konferensi womenwill pertama kali digelar di Jakarta dihadiri lebih dari 1000 perempuan.
, Majalah Kartini | 24/05/2017 - 10:27

Konferensi Womenwill Google Hadir di Bandung

MajalahKartini.co.id – Tepat satu minggu lalu, Google secara resmi mengumumkan peluncuran konferensi Womenwill di 5 kota yang akan membahas topik utama seputar pengembanhan bisnis kecil milik perempuan. Pada hari ini konferensi serupa digelar di Bandung tepatnya di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink dan dihadiri oleh hampir 800 pengusaha perempuan.

Menurut laporan IFC tahun 2016 dengan tajuk “UKM yang dimiliki Wanita di Indonesia,” 51% bisnis mikro dan kecil di Indonesia dimiliki perempuan. Selain itu, 47% pengusaha perempuan di Indonesia jarang memanfaatkan teknologi, seperti komputer, dalam mengembangkan bisnis mereka.

Objektif dari Womenwill Indonesia adalah menghapus kesenjangan peluang ekonomi. “Banyak perempuan Indonesia ingin berbisnis tapi tidak tau darimana memulai atau dengan cara apa,” kata Fibriyani Elastria yang memimpin program Womenwill untuk Google Indonesia pada saat membuka acara. Fibri melanjutkan, pihaknya membantu perempuan Indonesia meraih lebih banyak peluang ekonomi untuk mencapai kesejahteraan mereka.

Aprilia Kristiawan, seorang pengusaha UMKM perempuan di Bandung mengatakan dampak signifikan yang dirasakan sejak memutuskan bisnisnya going online. “Memasuki gerbang dunia digital adalah cara terefisien, efektif dan sangat memberi dampak. Tidak ada lagi biaya promosi yang melangit dengan dampak yang tidak bisa diukur,” ujar Founder & CEO Papyrus Photo. Bagi Aprilia musuh terbesar perempuan adalah keterbatasan, itu adalah masalah masa lalu ketika dunia digital belum ada. “Sekarang, masanya dunia tanpa batas,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Wanita Pengusaha (IWAPI) Jawa Barat, Masrura Ramidjal mengatakan bahwa pihaknya sangat antusias mengikuti konferensi Womenwill. Selama ini, imbuhnya, Bandung dikenal sebagai Kota Industri Kreatif, jika diimbangi dengan kemajuan UMKM khususnya bisnis melalui digital tentu akan meningkatkan kesejahteraan warganya. “Kami berharap pendampingan yang dilakukan oleh Google bisa memberikan semangat perempuan untuk belajar meningkatkanusaha mereka dengan fasilitas digital.” Ucapnya

Fakta di atas menunjukkan bahwa pendekatan bisnis yang ditujukan khusus untuk para perempuan Indonedia sangatlah penting. Oleh karena itu, melalui program Gapura (Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat Digital, Google juga membuat fokus turunan utama program yakni konferensi Womenwill yang berjalan beriringan di sejumlah kota di Indonesia, seperti di Surabaya (Juni), Semarang (Juli), dan Denpasar (Agustus).

Acara tersebut tidak dikenai biaya dan para peserta akan mendapatkan berbagai manfaat seperti:
1. Mendapat inspirasi dari sesi sharing oleh pengusaha wanita yang telah berhasil membuktikan dirinya di dunia bisnis.
2. Mendapat edukasi dan solusi praktis cara menggunakan teknologi untuk memajukan usaha secara mudah dan efisien.
3. Mendapat akses untuk bergabung dalam komunitas UMKM wanita yang memiliki pengalaman dan passion dalam teknologi melalui komunitas Google Business Group). (Foto: Ecka Pramita)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: