Jika Sel darah Putih Abnormal, Waspada Limfoma

Lebih dari satu juta orang di seluruh dunia hidup dengan limfoma dan hampir 1.000 orang didiagnosis dengan kanker ini setiap hari.
, Majalah Kartini | 16/09/2016 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Limfoma adalah salah satu jenis kanker darah yang terjadi ketika limfosit B atau T, yaitu sel darah putih yang menjaga daya tahan tubuh, menjadi abnormal dengan membelah lebih cepat dari sel biasa atau hidup lebih lama dari biasanya. Limfoma dapat muncul di berbagai bagian tubuh, seperti nodus limfa, limpa, sumsu tulang, darah, atau organ lainnya. Pada akhirnya akan membentuk tumor, yang tumbuh dan mengambil ruang jaringan dan organ di sekitarnya, sehingga menghentikan asupan oksigen dan nutrien untuk jaringan atau organ tersebut.

Tidak ada tes skrinning dan kasus serta kematian akibat limfoma tidak menurun. Namun, ada kesadaran dan pemahaman tentang bentuk-bentuk kanker limfoma semakin menurun. Kesadaran yang lebih besar, dukungan keluarga dan dokter ahli limfoma berkualitas dan pengobatan akan menghasilkan hasil terbaik.

World Lymphoma Awareness Day (WLAD) atau Hari Peduli Kanker Limfoma Sedunia diperingati disetiap tahun yakni pada tanggal 15 September yang didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kanker limfoma. Inisiatif ini diselenggarakan oleh Lymphoma Coalition, yaitu sebuah jaringan non-profit dari 66 organisasi limfoma dari 44 negara di seluruh dunia. Sejak diluncurkan pada tahun 2004, World Lymphoma Awareness Day telah menjadi peringatan internasional.

Kampanye global terus menyediakan platform untuk dokter, perawat, organisasi dukungan pasien, pasien, dan keluarga mereka untuk berbagi pengetahuan tentang limfoma. Pengetahuan tentang kanker limfoma ini berupa mengenali tanda-tanda dan gejala, dan bagaimana penyakit ini mempengaruhi kehidupan jutaan orang di seluruh dunia.

Limfoma dapat ditangani dengan melakukan kemoterapi dan kadang-kadangradioterapi atau transplantasi sumsum tulang, dan penyembuhannya tergantung kepada histologi, jenis, dan tahapan penyakit. Sel kanker tersebut biasanya muncul di nodus limfa, yang juga dapat memengaruhi organ lain seperti kulit, otak, dan tulang (limfoma ekstranodal). Limfoma berhubungan dekat dengan leukimia, yang juga muncul di limfosit, namun hanya pada darah dan sumsum tulang, dan biasanya tidak membentuk tumor yang statis. Ada banyak jenis limfoma, dan limfoma merupakan salah satu penyakit hematologis. (Foto: Thinkstock)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: