DWP dan Alumni FK UNPAD 68 Selenggarakan Seminar Tetap Bugar di Usia Lanjut

Bersama-sama tumbuhkan semangat Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).
, Majalah Kartini | 28/02/2018 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Sebagai tindak lanjut dari diskusi antara Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Alumni FK UNPAD 68, kegiatan yang bertajuk “Seminar Tetap Bugar di Usia Lanjut” sukses diselenggarakan di gedung Dharma Wanita Persatuan Pusat (DWPP), Jakarta pada Rabu (28/2). Acara yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek ini kian semarak dan lengkap berkat para tamu undangan yang turut serta, di antaranya para Alumni FK UNPAD, anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP), TP PKK Pusat, Bhayangkari, Kowani, serta kelompok usia lanjut. Tepat pukul 9 pagi, acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Umum DWP, Wien Ritola Tasmaya yang menuturkan, “Dalam rangka turut mendukung dan menyukseskan program yang diprakarsai oleh pemerintah yakni Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) maka Dharma Wanita Persatuan bersama Alumni FK UNPAD sepakat menyelenggarakan Seminar Tetap Bugar di Usia Lanjut guna memberi tambahan pengetahuan serta wawasan untuk para lansia, pra lansia, dan pendamping lansia agar dapat terus menjaga hidup sehat meski di usia yang sudah tak muda lagi. Selain itu, saya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh undangan dan mitra yang meluangkan waktu untuk hadir di acara hari ini,” tandas Wien yang langsung disambut tepuk tangan meriah dari seluruh tamu yang hadir.


Selanjutnya, Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek juga dipersilakan naik ke atas mimbar untuk memberikan kata sambutan serta paparan seputar kesehatan. “Menurut saya, tidak ada kata lansia itu lemah, selama masih kuat berjalan dan punya kemauan, usia tak menjadi masalah. Kita pasti bisa,” tutur Nila mencairkan suasana. Di sini, Nila juga memaparkan tentang arah kebijakan pembangunan kesehatan tahun 2019, sasaran pembangunan kesehatan, program padat karya, serta Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (PIS-PK) & Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). “Secara umum, GERMAS bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan partisipasi dan peran masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan,” jelas Nila. “Maka, untuk menyukseskan GERMAS semua lapisan harus turut hadir, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Berbagai Kementerian atau Lembaga Pemerintah melalui para Menteri, Gubernur serta Kepala Daerah, dunia usaha, tokoh agama, akademisi, dan masyarakat, juga dapat harus memberikan dukungan, komitmen, dan peran-sertanya dalam bergotong royong meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat,” tambah Nila penuh semangat.


Tak hanya memaparkan seputar data kesehatan di Indonesia, Nila juga menekankan bahwa status perempuan sangat penting dalam keluarga karena perempuan atau ibu harus bisa mengatur rumah tangga, mendidik anak-anak, menjaga kesehatan anak dan keluarga, serta harus mampu menentukan KB (Keluarga Berencana). Usai sambutan dan paparan dari Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek, acara dilanjutkan dengan penyerahan booklet pedoman buku sehat lansia dari Alumni FK UNPAD 68 untuk Menteri Kesehatan kemudian dilanjutkan kepada ketua umum DWP. Acara terasa semakin meriah berkat hiburan penampilan tari dan menyanyi dari para anggota DWP. (*)

Tags: , , , , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: